Dahua Pamerkan Teknologi Pengenalan Wajah dan AI di Public Safety Indonesia 2019

Konferensi dan Pameran Public Safety Indonesia 2019 yang tengah berlangsung di JCC Senayan, Jakarta, sejak 27 Februari sampai 1 Maret 2019 telah diramaikan oleh brand-brand sistem keamanan global ternama, salah satunya Dahua Technology,  produsen dan pemasok produk-produk surveillance asal Tiongkok.

Di kesempatan ini, Dahua memamerkan beragam jajaran kameranya untuk berbagai kebutuhan pengawasan. Benny Sutanto selaku Technical Support Engineer APAC Dahua Technology menyebutkan bahwa khusus di acara keamanan publik ini, solusi yang diperkenalkan adalah yang jarang dibawa ke pasaran, seperti face recognition Dahua yang baru untuk mengenali wajah seseorang dengan menggunakan teknologi AI dan algoritma deep learning.

Menurut dia, solusi pengenalan wajah miliknya ini bisa mengenali gender dan umur seseorang. “Ini lebih ada metadatanya sehingga ekspresi seseorang juga dapat diketahui, apakah dia lagi surprise atau sedih. Bahkan ini bisa menangkap wajah dari jarak jauh tergantung pada lensanya dan dalam satu frame bisa mengenali 16 muka secara bersamaan,” ujar Benny.

Lalu, solusinya ini disebut-sebut juga lebih convenience dalam pencarian orang dan sangat ideal untuk penggunaan di kantor imigrasi untuk mendeteksi orang-orang yang masuk dalam daftar pencarian atau blacklist.  “Jadi pihak imigrasi bisa daftarin orang-orang yang dicari ke dalam sistem kami. Nanti, suatu saat orang yang di blacklist tertangkap kamera akan langsung ada notifikasinya, sehingga operator bisa langsung menghubungi keamanan untuk memastikan orang yang teridentifikasi tersebut.”

Selain itu juga ada video wall untuk di command center. Benny mengatakan, bila ada konsumen yang ingin membangun command center juga bisa dibantunya. Video wall yang dipajang di stan saat ini yang berukuran 2×2 meter. Namun dipastikan, berapa pun ukuran yang diinginkan bisa dibuatnya.

Dirinya pun berharap, di acara yang mengangkat topik keamanan publik ini bisa mempertemukan solusinya dengan para pengambil keputusan di pemerintahan agar terwujud Indonesia yang lebih aman dan lebih terintegrasi.

Perlu diketahui, di kesempatan yang sama di Public Safety Indonesia 2019 ini juga digelar konferensi yang mengangkat tema-tema menarik yang berkaitan dengan keamanan publik dengan menghadirkan pembicara-pembicara yang berkompeten. Nah, di hari pertama konferensi ini Benny Susanto juga menjadi salah satu pembicara yang mengangkat tema “Integrated Safe City Solution”.